Hitung Time Rate Transfer File / Download

Manusia menggunakan komputer untuk membuat, memanipulasi ataupun menyimpan berbagai macam informasi seperti angka, huruf, kalimat, gambar, suara dan juga video. Informasi ini disimpan dalam komputer dalam bentuk format digital (sering disebut data digital). Data yang tersimpan dalam komputer tersebut sebenarnya merupakan kumpulan dari angka 0 dan 1. Kumpulan angka 1 dan 0 inilah yang sering diterjemahkan secara “bit” dari data biner. Jika dalam kehidupan sehari-hari kita dapat menentukan kecepatan sebuah kendaraan entah itu motor ataupun mobil dan semua hal yang bisa bergerak!!! begitu pula dengan proses terjadinya transfer data jaringan dalam komputer dapat kita hitung.

Beberapa satuan standar tranfer data yang sering dipergunakan dalam jaringan komputer adalah:

bit:

bit adalah ukuran terkecil data dalam sebuah komputer. Bit biasanya hanya berupa pilihan angka antara 0 dan 1 (dimana 0 biasanya berarti “off” dan 1 berarti “on” ). Pada akhirnya komputer akan mengkombinasikan kedua pilihan tersebut menjadi format digital yang lebih kompleks untuk merepresentasikan data. Istilah bit mulai diperkenalkan oleh seorang statistik terkenal John Tukey tahun 1946.

bps:

Bit per second. Jumlah bit yang ditransfer dalam satu detik.

Byte:

Byte merupakan kumpulan beberapa bit (1 byte = 8 bit*) byte biasanya merepresentasikan sebuah karakter (misalkan seperti A, ? -, dll). Karakter ini bisa berupa huruf, angka, ataupun simbol tertentu.

Bps:

Byte per second. Jumlah byte yang ditransfer dalam satu detik.

Contoh perhitungan byte dan bit:

Misalkan anda memiliki sebuah file yang terdiri dari 100.000 kata dan anda ingin tahu berapa lama kita bisa mendownload file tersebut melalui internet yang memiliki koneksi 33.600 bps (bagi yang pakai jasa warnet seperti saya and bandwithnya lemooot abiss silahkan ngilerrrrrrr lihat kecepatan hitungan ini).

Sekarang kiata berandai-andai (bukan Ande-ande lumut lho..) Asumsikan dalam setiap kata terdiri dari lima huruf/karakter. Berarti jika ada 100.000, maka anda memiliki 500.000 huruf/karakter yang siap di download (setiap katakter terdiri dari 1 Byte, berarti anda memiliki data bernilai 500.000 x 8 = 4.000.0000 bit

Selanjutnya 4.000.000 bit yang akan anda miliki dibagi dengan 33.600 (cepetnya warnet/koneksi kamu) = 119 detik (waktu yang diperlukan kurang lebih 2 menit) dengan kecepatan akses 33.600 bps

 

* belum ketemu referensi yang pas and klop!!! 1 byte = ……?????? Jadi kasih aja angka 8 (angka 8 silahkan diramal sendiri, bentuknya bulat bertumpuk; apa artinya???) Buat yang ngerti, kasih tau dong….

 

tambahan lagi: Dalam jaringan komputer, biasanya Byte dan bit dipakai untuk menggambarkan kecepatan transfer/download data.

 

~ oleh rinangxu pada 11 Januari 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: