Software E-book

Bagi yang suka tulisan, entah baca, nulis atau apapun yang berbau tulis menulis ada software yang bisa dijadikan alat untuk membuat e-book (electronic book). Software ini bisa ngumpulin artikel dan macem-macemnya jadi satu bundel layaknya sebuah buku tapi dalam format digital. Anda sekalian bisa menyebarkan ide, kreasi, buah pikir, opini, dokumentasi tulisan berbentuk file untuk dibuat buku elektronik trus… dipublikasikan dan jadi santapan banyak orang / sekedar berbagi dengan yang lainnya juga boleh. Tidak ada pelarangan, kutukan, bagi orang-orang pecinta HAKI dan menolak copy paste tanpa penyebutan sumber asli sebagai sebuah karya cipta yang dilindungi hukum dan ego para penulisnya, juga bisa menggunakan software ini. Bagi yang suka rapi dan sedikit bersolek beberapa software e-book juga memberikan plugin pembuatan cover e-book; kalian bisa menumpahkan dan berkreasi sesuka anda, SEMUA KENDALI ADA PADA DIRI KITA MASING-MASING. E-book banyak diminati karena berbagai fasilitasnya, seperti format pembuatan (HTML, PDF, dkk…) , indek pencarian (memudahkan sekaligus memanjakan pembaca E-book) memanjakan? Kata yang tepat bagi para pembaca yang enggan merampungkan semua tulisan dan cukup membaca apa yang mereka suka. Kadang-kadang cara seperti ini membawa reader/pembaca pada pengertian sepenggal dan sering mengarah pada pemahaman yang kurang pas menurut pesan buku yang dibaca. Tapi semua itu sah-sah saja. Sebuah buku menyimpan teks untuk di baca dan dikaji untuk kemudian menjadi inpirasi pembacanya. Teks (tulisan) merupakan medan terbuka yang siap menampilkan beragam makna. Sebuah tulisan bisa menelurkan ribuan arti; tergantung dari keberanian pembaca untuk memahaminya. Dalam tulisan, batasan BATAS (kemampuan) dipunyai pembaca. Aktualisasi sebuah teks akan terlihat ketika sosok pembaca sekalian mampu menggali dan menangkap apapun yang tersembunyi dari sebuah teks. Pembaca yang jeli dengan mudah menemukan dan “mengeksploitasi” teks yang menurutnya menarik. Yang lebih mencengangkan sosok pembaca akan menemukan dimensi lain yang selama ini tertutupi berkat kejeliannya ! ; bahkan sosok penulis, pengarang atau para kreator teks bisa dikalahkan para pembaca sekalian yang cuma numpang baca. Walaupun mereka sekalian tidak bersusah payah memikirkan pembuatan tulisan justru merekalah yang pertama kali menemukan pendaman ide yang dipunyai teks (penulis, pengarang ato sebangsanya sendiri tidak mengerti). Penelusuran dan pencarian makna teks sering disebut dengan “seni berpikir” lebih populer disebut Hermeneutika. Bisa kebayang khan? ketika seorang pembaca yang cukup rajin mampu mengungkap kode-kode yang terpendam didalam teks melebihi pembuat ataupun penulisnya. Hermeneutika masih menjadi ilmu yang eksklusif. Dia dijadikan alat para intelek-telek mengkaji teks-teks kuno khususnya Kitab Suci !. kembali lagi pada topik keaslian (original) , ada pertanyaan mengelitik……

“SIAPA PEWARIS SAH SEBUAH IDE KETIKA SOSOK PEMBACA SEKALIAN TERNYATA MENEMUKAN PENDAMAN IDE DALAM TEKS YANG SAMA SEKALI TIDAK DIKETAHUI OLEH PEMBUAT” ????

  • Apakah jawabannya seperti duluan mana telur dan ayam? Yang berputar-putar seperti lingkaran setan (seorang sopir yang selalu mencari sudut stirnya? )
  • Atau pembaca hanya seorang inovator dari grand desain sebuah karya?
  • Orang nakal yang beruntung, kebetulan menemukan “intan” yang tersembunyi ?

DIMANA LETAK HAKI, COPYRIGHT ???
sedot e-book maker

 

~ oleh rinangxu pada 12 Februari 2007.

Satu Tanggapan to “Software E-book”

  1. Selama ini saya mencari pembahasan tentang elektronik book, tapi kenapa ya, pasti tidak ada penjelasan tentang bagaimana membuat elektronik book. Bagaimana kalau anda memuat bagaimana cara membuat elektronik book… Karena saat ini saya sangat membutuhkannya untuk tugas sekolah.
    Terima Kasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: